Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Dana Pihak Ketiga (DPK), Dan Modal Terhadap Laba Bersih Melalui Pendapatan Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah (BUS)

Siregar, Winda Anriani (2021) Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Dana Pihak Ketiga (DPK), Dan Modal Terhadap Laba Bersih Melalui Pendapatan Bagi Hasil Pada Bank Umum Syariah (BUS). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY WINDA-dikonversi.pdf

Download (897kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan bagi hasil, DPK dan modal terhadap pembiayaan bagi hasil yang dimediasi oleh pendapatan bagi hasil. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pembiayaan bagi hasil, DPK dan modal dalam bentuk tahunan dari tahun 2014 sampai tahun 2019, serta pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 60 sampel yang diolah dengan meggunakan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi eviews 9. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi (R-square) pada model struktural I yaitu sebesar 96.1% variabel pembiayaan bagi hasil, DPK, dan modal mempengaruhi pendapatan bagi hasil pada Bank Umum Syariah sedangkan 3.9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain. Hasil koefisien determinasi (R-square) model II yaitu sebesar 22.6% variabel pembiayaan bagi hasil, DPK, modal dan pendapatan bagi hasil mempengaruhi laba bersih pada Bank Umum Syariah sedangkan 77.4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan bagi hasil, DPK, modal dan pendapatan bagi hasil berpengaruh secara simultan terhadap laba bersih dengan tingat signifikansi 0.001 < 0.05. Dari hasil uji signifikansi pengaruh tidak langsung ditemukan bahwa tidak adanya pengaruh tidak langsung yang signifikan dari variabel pembiayaan bagi hasil, DPK dan modal terhadap laba bersih melalui pendapatan bagi hasil sebagai variabel intervening pada bank umum syariah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 May 2021 14:48
Last Modified: 18 Jan 2022 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item