Memberikan Nama Buruk Terhadap Makanan dan Minuman yang Diperjualbelikan Menurut Pandangan Muhammad Wahbah Az-Zuhaili Dan Muhammad Shalih Al Munajjid” (Studi Kasus Kota Medan)

Rangkuti, Muhammad Alawy (2020) Memberikan Nama Buruk Terhadap Makanan dan Minuman yang Diperjualbelikan Menurut Pandangan Muhammad Wahbah Az-Zuhaili Dan Muhammad Shalih Al Munajjid” (Studi Kasus Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (3).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jual beli menurut istilah yaitu tukar menukar barang yang dilakukan dengan jalan melepaskan hak milik dari yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan. Salah satu prinsip paling utama yang dimuat dalam jual beli yaitu tidak boleh mengkonsumsi dan menggunakan nama atau simbol-simbol makanan/minuman yang mengarah kepada kekufuran dan kebatilan. Permasalahan dalam penelitian ini muncul karena ada perbedaan pendapat ulama antara pendapat Wahbah Az-Zuhaili dengan pendapat Muhammad Shaleh Al-Munajjid. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian diatas, peneliti menggunakan metode sosiologis normatif empiris yang bersifat komparatif dengan cara 2 (dua) pendekatan yaitu pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan Undang-Undang (statute approach). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan jual beli makanan dan minuman dengan sebutan nama buruk yang berada di Kota Medan terdapat perbedaan pandangan ulama. Wahbah Az-Zuhaili berpendapat bahwa dimakruhkan karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat, sementara Muhammad Shaleh Al�Munajjid berpendapat bahwa perbuatan semacam ini termasuk meremehkan aturan Allah dan tidak mengagungkan hukum-hukum-Nya. Penulis menyarankan agar masyarakat yang membeli produk-produk makanan dengan sebutan nama buruk hendaklah harus mengetahui hukum-hukum yang ada pada syariat Islam dan kepada penjual harus memberikan nama-nama yang baik terhadap produk yang dijualnya sehingga menjadi doa dan mendapat keberkahan bagi kita semua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makanan dan Minuman, Jual Beli, Wahbah Az-Zuhaili, Muhammad Shalih Al-Munajid, Medan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.9 Aspek fikih lainnya > 2X4.91 Makanan dan minuman
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 May 2021 03:21
Last Modified: 28 May 2021 05:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item