Peran Konseling Individu dalam Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara

Badri, Nurul (2020) Peran Konseling Individu dalam Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul Badri.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konseling individu dalam mengatasi kondisi stres akademik mahasiswa. Stres akademik ialah keadaan tertekan yang dialami oleh seseorang akibat tuntutan dari sekolah/pendidikan yang jika tidak ditangani dengan tepat dapat memberikan dampak buruk bagi mahasiswa. Partisipan penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa baru. Mahasiswa baru merupakan individu yang baru memasuki jenjang perguruan tinggi setelah ia menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas dan sederajat. Mahasiswa baru yang berada dalam sebuah perguruan tinggi dapat mengalami stres akademik jika tidak diberikan pelayanan yang mampu mengarahkan mahasiswa baru tersebut dalam menjalani kehidupan barunya. Peralihan dari masa sekolah Menengah menjadi seorang mahasiswa sangat memengaruhi keadaan mahasiswa baru tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk meneliti peran konseling individu dalam menurunkan stres akademik mahasiswa baru. Pengambilan data dilakukandengan du acara: Pertama, survey untuk melihat kondisi stres akademik mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, sebanyak 291 mahasiswa dilakukan survey dan terdapat 18 (0.06%) mahasiswa yang mengalami kondisi stres tinggi, sebanyak 119 (0.40%) mahasiswa cukup stres, dan sebanyak 154 (0.52%) mahasiswa mengalami kondisi stres rendah. Dari mahasiswa yang mengalami stres tinggi lalu dilakukan konseling individu, sebanyak tiga mahasiswa baru yang berkenan untuk dilakukan konseling individu dengan cara wawancara secara online. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Faktor-faktor yang mmengaruhi stres akademik mahasiswa baru disebabkan oleh mahasiswa baru membutuhkan penyesuaian diri dalam belajar di perguruan tinggi, banyaknya tugas yang diberikan dosen, sistem pembelajaran, pola hubungan pengajar; 2) Peran layanan konselingin divide terhadap stres akademik berperan penting dalam membantu mahasiswa baru, diantaranya: menumbuhkan kepercayaan diri dan memotivasi mahasiswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 27 May 2021 04:49
Last Modified: 27 May 2021 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item