Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MIN 1 Medan

Siregar, Muhammad Rizkiy Bahar (2020) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MIN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI BAHAR SIREGAR (ok).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fikih di kelas V Makkah MIN 1 Kota Medan, (2) bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran di kelas V Makkah MIN 1 Kota Medan dan (3) bagaimana peluang dan hambatan pengimplementasian pendekatan saintifik pada pembelajaran Fikih di V Makkah unggulan MIN 1 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomologis, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. MIN 1 Kota Medan pertama kali menggunakan kurikulum 2013 yaitu pada tahun 2018, pada penerapannya menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dilaksanakan guru dalam pembelajaran fiqih dengan baik dan dikemas dengan sederhana tetapi belum memenuhi kriteria dan pendekatan saintifik sepenuhnya. Upaya guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dengan berdiskusi bersama guru-guru yang sudah mampu menerapkan pendekatan saintifik, guru harus banyak mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan pemerintah dalam penerapan kurikulum 2013, serta guru banyak membaca buku-buku tentang pendekatan saintifik. Adapun peluang yang di dapat ialah adanya motivasi yang diberikan kepala madrasah kepada peserta didik dan guru untuk membiasakan pembelajaran, tersedianya fasilitas perpustakaan potensi besar yang dimiliki peserta didik sedangkan hambatan yang dihadapi Guru dalam pendekatan saintifik adalah kesulitan dalam hal mengembangkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifk serta kurangnya media dan fasiltas mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 May 2021 05:17
Last Modified: 24 May 2021 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item