Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTsS Muallimin Univa Medan

Permata, Kholidah (2021) Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTsS Muallimin Univa Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_KHOLIDAH_PERMATA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1). Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah di MTs Muallimin UNIVA Medan. 2). Untuk mengetahui keadaan disiplin kerja guru di MTs Muallimin UNIVA Medan 3). Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MTs Muallimin UNIVA Medan Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsS Muallimin Univa Medan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: Kepemimpinan yang ada pada diri Kepala Madrasah MTs Muallimin UNIVA Medan, adalah gaya kepemimpinan yang kharismatik. Pemimpin yang jiwa kepemimpinannya berasal dari dalam dirinya, karismatik dapat dilihat dari fostur tubuh, wajah, gaya berjalan dan cara berbicara sehingga setiap orang yang diperintahkan langsung melaksanakan pekerjaan yang diperintahkan. Ketika para bawahannya melihat dirinya, maka timbul rasa segan. Dalam penyelenggaraan proses organisasi dibutuhkan peran seseorang pemimpin yang dapat menyelenggarakan kegiatan organisasi yang efektif dan bertanggung jawab untuk memimpin organisasi atau lembaga. Pemimpin diharapkan dapat mempengaruhi dan mengarahkan bawahannya serta dapat menjadi contoh teladan bagi orang lain. Kesimpulan Peneliti menganalisis bahwa Kepala Madrasah mampu meningkatkan disiplin kerja guru. Proses pengawasan yang dilakukan dengan cara turun langsung memantau ke lapangan sudah menjadi jaminan keberhasilannya dalam menegakkan kedisplinan guru

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 May 2021 13:21
Last Modified: 22 May 2021 13:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item