Inventarisasi Insecta pada Tanaman Paku Sarang Burung (Asplenium nidus) di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara

Hasibuan, Nazipatul Marhani (2020) Inventarisasi Insecta pada Tanaman Paku Sarang Burung (Asplenium nidus) di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL NAZIPATUL MARHANI HASIBUAN .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Inventarisasi Insecta pada Tanaman Paku Sarang Burung (Asplenium nidus) di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis insecta pada paku sarang burung (Asplenium nidus) di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah informasi tentang jenis-jenis famili pada kelas Insecta pada paku sarang burung (Asplenium nidus) di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2019 di Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi Sumatera Utara dengan menggunakan metode Yellow Pan Trap. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan pada ukuran 20 m x 20 m. Berdasarkan hasil penelitian pada seluruh lokasi diperoleh 34 Famili yang terdiri dari 10 Ordo, yaitu famili Ichneumonidae, Culicidae, Carcinophoridae, Gryllidae, Cercopidae, Cynipidae, Sciaridae, Stratiomydae, Erebidae, Entomobryidae, Drosophilidae, Muscidae, Staphylinidae, Coccinellidae, Braconidae, Chrysomelidae, Syrphidae, Cecidomyiidae, Elateridae, Crabronidae, Formicidae, Chironomidae, Empididae, Noctuidae, Sarcophagidae, Scarabaeidae, Agromyzidae, Carabidae, Acrididae, Calliphoridae, Tephritidae, Vespidae, Corydalidae dan Crambidae. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh indeks keanekaragaman insecta bernilai 2,26 (kategori sedang), sedangkan Insecta yang dominan terdapat pada Famili Culicidae dari ordo Diptera dengan jumlah 231 takson.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Insecta, Asplenium nidus, Taman Wisata Alam Danau Sicikeh-cikeh.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 May 2021 04:25
Last Modified: 21 May 2021 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item