Pemberian Program Hadiah Dalam Tabungan Simpatik Melalui Akad Wadiah Pada BSM Padangsidimpuan (Ditinjau Dari Fatwa DSN MUI NO 02/DSN-MUI/IV/2000 dan PBI NO 07/46/PBI/2005) Studi Kasus Bank Syariah Mandiri, KC. Padangsidimpuan

Matondang, Nurlaili Rismawati (2021) Pemberian Program Hadiah Dalam Tabungan Simpatik Melalui Akad Wadiah Pada BSM Padangsidimpuan (Ditinjau Dari Fatwa DSN MUI NO 02/DSN-MUI/IV/2000 dan PBI NO 07/46/PBI/2005) Studi Kasus Bank Syariah Mandiri, KC. Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURLAILI RISMAWATI MTD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetaui pemberian hadiah tabungan simpatik Melalui Akad Wadi’ah Pada Bank Syariah Mandiri KC. Padangsidimpuan dan 2) untuk mengetaui peranan MUI NO 02/DSNMUI/IV/2000 Dan PBI NO 07/46/PBI/2005 Dalam Penyelenggaraan Pemberian Hadiah Melalui Akad Wadi’ah Pada Bank Syariah Mandiri KC. Padangsidimpuan. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif , yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada, yaitu gejala yang menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan/karyawan Bank Syariah Mandiri KC. Padangsidimpuan, wakil pemimpin serta pamong dalam BSM dan objeknya adalah produk tabungan simpatik melalui akad wadiah di PT. Bank Syariah Mandiri, KC. Padangsidimpuan yakni tabungan simpatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, danconlusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan dalam fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 02/DSN-MUI/IV/2000 dan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 07/46/PBI/2005 menyatakan bahwa karakter dari tabungan yang menggunakan prinsip wadi’ahtidak diperbolehkan adanya imbalan yang disyaratkan di awal, kecuali merupakan pemberian dari pihak bank yang bersifat sukarela.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 May 2021 04:01
Last Modified: 19 May 2021 04:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item