Analisis Pengelolaan Zakat Di LAZIS Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Medan Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat

Lubis, Muhammad Arifin (2019) Analisis Pengelolaan Zakat Di LAZIS Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Medan Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis M. Arifin Lubis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 dalam pengelolaan zakat, strategi yang dilaksanakan, kelebihan dan kekurangan LAZIS Muhammadiyah Kota Medan dalam pengelolaan zakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan atau dilangsungkan di tempat tertentu dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Deskriptif-analisis adalah penelitian yang menggambarkan secara jelas dan rinci fenomena yang menjadi pokok permasalahan tanpa melakukan hipotesa atau melakukan penghitungan secara statistik, dilakukan pada Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Medan, yang terletak di Jalan Mandala By Pass No. 140A Medan. Dengan beberapa informan yaitu Korbid Lazismu Kota Medan, Dewan Syariah/Badan Pengawas/Badan Pengurus Lazismu Kota Medan, Pimpinan Eksekutif, serta Amil Lazismu Kota Medan. Hasil dari penelitian ini adalah Lazismu telah memiliki legalitas yang sah dalam melakukan pengelolaan ZIS dengan adanya izin dari pemerintah yaitu Menteri Agama RI No 730 Tahun 2016, Lazismu telah memenuhi syarat secara Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 dalam implementasi pengelolaan zakat. Seperti implementasi pendayagunaan ekonomi produktif, pendistribusian yang diawasi oleh badan pengawas dan dewan syariah, adanya layanan hitung zakat, kuitansi penerimaan ZIS, Lazismu memisahkan pembukuan Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya dan Lazismu juga membuat laporan bulanan rutin yang terbit di media Majalah Matahati Lazismu Kota Medan. Kelebihan dari Lazismu dapat memanfaatkan jejaring yang sudah dimiliki oleh Muhammadiyah. Kelemahan strategi penghimpunan Lazismu ini diperparah dengan kegagalan Lazismu dalam memaksimalkan potensi penghimpunan di Muhammadiyah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 10 May 2021 06:11
Last Modified: 10 May 2021 06:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item