Jamaluddin, Abdullah (2018) Model Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Dalam Perspektif Alquran. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS FULL.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana pandangan Alquran terhadap pendidikan karakter anak usia dini dan model pendidikan karakter yang sesuai dengan anak usia dini. Penelitian tesis ini menggunakan metode tafsir tahlili yakni metode tafsir dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan melalui asbabun nuzul ayat tersebut. Hasil penelitian ini membahas mengenai akar kata dari “thifl” yang dipaparkan dalam Ensiklopedia Alquran. Kemudian membahas akar-akar dari ayat utama melalui Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka, Tafsir Al Misbah yang dimulai dengan penjelasan kata-kata sulit, dan Tafsir Ibnu Katsir yang dimulai dari penjelasan. Hasil dan pembahasan dari tesis ini tergambar dalam QS. An-Nur ayat 31. Pada ayat ini anak-anak belum memahami konsep tentang sesuatu yang boleh terlihat dan mana yang tidak boleh terlihat. Disinilah diperlukan pengajaran kepada mereka yang belum mengerti untuk memberitahukan pentingnnya pengetahuan tentang aurat. Pendidikan karakter yang tertanam pada ayat ini ialah menjaga pandangan dan aurat sejak usia dini. Kemudian QS. An Nur ayat 59 yang mengedepankan adab terhadap kedua orang tua dengan meminta izin terlebih dahulu sebelum memasuki rumah, pendidikan karakter yang tergambar pada ayat tersebut ialah sopan santun.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 10 May 2021 04:30 |
Last Modified: | 10 May 2021 04:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11559 |
Actions (login required)
View Item |