Penerapan Budaya Religius Dalam Menerapkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi

Nasa, Putri Prihatini (2019) Penerapan Budaya Religius Dalam Menerapkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PUTRI_PRIHATINI_NAS.PDF - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peneliti merumuskan tujuan penelitian yaitu: 1) Mengetahui bentuk kegiatan budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi, 2) Mengetahui penerapan budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi, 3) Mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung pembntukan budaya religious di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang mendalam dari informan yang terkait. Populasi data adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi. Diharapkan dalam penetapan objek/subjek penelitian ini dapat benar-benar mewakili tujuan penelitian sehingga rumusan masalah yang diajukan terjawab dengan hasil yang memuaskan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) bentuk-bentuk kegiatan budaya religius yang ada di SMP Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi diantaranya: doa bersama dan pembacaan surat-surat pendek sebelum pembelajaran dimulai, mengedepankan senyum dan salam sapa, sholat Dhuha, sholat Zhuhur dan Ashar berjamaah, budaya literasi setiap senin, pengajian IPM/Osis, safari Ramadhan. 2) Dalam kegiatan ini, guru menerapkan budaya religius berjalan dengan baik dan lancar berkat pengawasan dan kontrol yang dilakukan guru kepada peserta didik dan selalu memberikan mereka motivasi sehingga mereka bersemangat untuk menjalankan kegiatan tersebut. Selain itu penerapannya pun terjadwal dan masing-masing kegiatan ada evaluasinya baik melalui pengamatan maupun melalui absensi yang telah disediakan. Dengan demikian peserta didik menjadi lebih aktif dan disiplin dalam menjalankan kewajibannya dan memiliki nilai spiritual yang tinggi 3) faktor pendukung penerapan budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual adalah: dukungan dari warga Muhammadiyah Kota Tebing Tinggi, adanya interaksi yang baik antara guru dan peserta didik, adanya kinerja sekolah yang baik. Dan adapun faktor penghambatnya adalah masih minim nya sarana prasarana, peserta didik dan kurang maksimalnya kerja sama antara sekolah dengan orang tua siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Religius, Kecerdasan Spiritual, Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 May 2021 07:58
Last Modified: 04 May 2021 07:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11535

Actions (login required)

View Item View Item