Pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Interaksi Interpersonal Terhadap Karakter Siswa di SD IT Al Hafidz Kec. Selesai Kab. Langkat

Mandala, Satria (2020) Pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Interaksi Interpersonal Terhadap Karakter Siswa di SD IT Al Hafidz Kec. Selesai Kab. Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS - SATRIA MANDALA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter siswa SD IT Al Hafiz Kab. Langkat, mengetahui interaksi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter siswa SD IT Al Hafiz Kab. Langkat dan mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan interaksi interpersonal secara bersama - sama terhadap karakter siswa SD IT Al Hafiz Kab. Langkat. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen yaitu suatu penelitian yang digunakan untuk untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan interaksi belajar terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Dalam penelitian ini juga melibatkan dua kelompok sampel yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDIT Al Hafiz yang beralamat di Kec. Selesai Kab. Langkat terdiri dari 4 robel yaitu IVa , IVb , IVc ,dan IVd.. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava varians (ANAVA). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendekatan pembelajaran saintifik dengan Karakter Siswa di SD IT Al Hafidz Kecamatan Selesai, hal ini dibuktikan dari nilai nilai lebih besar dari rtabel (0,703 > 0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara interaksi interpersonal Pembelajaran PAI dengan Karakter Siswa di SD IT Al Hafidz Kecamatan Selesai, hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,694 > 0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendekatan saintifik dan interaksi interpersonal pembelajaran PAI dengan Karakter Siswa di SD IT Al Hafidz Kecamatan Selesai, hal ini dibuktikan dari nilai rhitung sebesar 0,740 lebih besar dari rtabel (0,740 > 0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,050 (0,000 < 0,05).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Interaksi Interpersonal, Karakter Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 May 2021 06:04
Last Modified: 04 May 2021 06:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item