Caniago, Heri (2020) Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fikih siswa madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
tesis perpus.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi�eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu yang terdiri dari 3 kelas. Teknik penentuan sampel digunakan cluster random sampling dalam hal ini satu kelompok kelas dilakukan pembelajaran menggunakan pembelajaran kolaboratif dan satu kelas lainnya dilakukan pembelajaran kompetitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angkat dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Fikih. Dalam hal ini rata-rata hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu yang diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih. Dalam hal ini rata-rata hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan rata�rata hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhanbatu dengan motivasi belajar rendah, dan (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar, di mana siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tepat diajar menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif, sedangkan siswa dengan motivasi belajar rendah lebih tepat diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 04 May 2021 05:41 |
Last Modified: | 04 May 2021 05:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11518 |
Actions (login required)
View Item |