Peranan Masjid Dalam Mewujudkan Pendidikan Nonformal (Kasus Pada Masjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan)

Hascan, Muhammad Alpin (2019) Peranan Masjid Dalam Mewujudkan Pendidikan Nonformal (Kasus Pada Masjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ALPIN HASCAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk�bentuk pendidikan nonformal di masjid Al-Jihad jalan Abdullah Lubis Medan, 2) Untuk mengetahui peranan pengurus masjid Al-Jihad dalam mewujudkan pendidikan nonformal di jalan Abdullah Lubis Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan studi kasus (Case Study). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk pendidikan nonformal yang ada di masjid Al-Jihad jalan Abdullah Lubis Medan, yang pertama majelis taklim dan yang kedua belajar sore iqra‟ dan al-quran. Peranan pengurus yayasan dalam mewujudkan pendidikan nonformal di masjid Al-Jihad adalah mengadakan majelis taklim rutin mingguan dengan menggunakan metode tanya jawab, diskusi, ceramah dan lainnya dan memberikan jama‟ah makanan dan minuman selama kegiatan berlangusng, kemudian mengadakan tabligh akbar dan tausyiah bekerja sama dengan komunitas-komunitas remaja Islam, selanjutnya mengadakan belajar iqra‟ dan al-qur‟an dan tahsin guna membrantas buta huruf al-qur‟an.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Masjid, Pendidikan, Nonformal
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 May 2021 05:14
Last Modified: 04 May 2021 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item