Analisis Perlakuan Akuntansi Pengeluaran Modal Dan Pengeluaran Pendapatan Aset Tetap Pada PT Perkebunan Nusantara IV Medan

Harahap, Neffi Erlinda (2019) Analisis Perlakuan Akuntansi Pengeluaran Modal Dan Pengeluaran Pendapatan Aset Tetap Pada PT Perkebunan Nusantara IV Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Neffi Erlinda Harahap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan dalam kegiatan operasionalnya, memiliki dua jenis pengeluaran yang harus mampu dibedakan dalam aset tetap, yaitu pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.16 merupakan standar akuntansi yang mengatur mengenai aset tetap. Kenyataan yang terjadi dalam perlakuan akuntansi pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan pada PT Perkebunan Nusantara IV Medan masih belum sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.16 dikarenakan adanya penggabungan antara pengeluaran modal dengan pengeluaran pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi PT Perkebunan Nusantara IV Medan, apakah telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.16. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yaitu laporan daftar rincian aset tetap, laporan administrasi dan laporan laba rugi pada tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode checklist yaitu dengan membandingkan teori yang terdapat di PSAK No.16 dengan perlakuan dan penerapan akuntansi pengeluaran modal dan pengeluaran aset tetap PT Perkebunan Nusantara IV Medan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlakuan akuntansi pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan dengan teknik analisis metode cheklist bernilai 75% yang artinya cukup sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.16. Terdapat beberapa penerapan yang tidak sesuai dengan PSAK No.16 dimana adanya penggabungan aset tetap dengan biaya pemeliharaannya yaitu biaya pemeliharaan mesin dan biaya pemeliharaan pengangkutan dimasukkan ke dalam laporan aset tetap dan tidak adanya alat-alat komputer di laporan aset tetap namun adanya biaya pemeliharaannya di laporan administrasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengeluaran modal, Pengeluaran pendapatan, PSAK No.16.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 04 May 2021 05:04
Last Modified: 04 May 2021 05:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11512

Actions (login required)

View Item View Item