Strategi Pengembangan Nazhir Wakaf dengan menggunakan metode Qspm (Qualitative Strategic Planning Matrix) Studi kasus di Sumatera Utara

Edriyanti, Rahmi (2021) Strategi Pengembangan Nazhir Wakaf dengan menggunakan metode Qspm (Qualitative Strategic Planning Matrix) Studi kasus di Sumatera Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Repository Rahmi Edriyanti NIM 3004183048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan saat ini untuk pengembangan nazhir wakaf di Sumatera Utara dan paling utamanya adalah untuk menentukan strategi prioritas utama dalam mengembangkan kualitas nazhir wakaf di Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan adalah analisis SWOT dan QSPM. Jumlah responden masing-masingnya adalah 8 orang dan 5 orang. Responden ditunjuk berdasarkan pemahamannya dalam perwakafan khususnya yang berkenaan dengan pengembangan nazhir wakaf baik dari kalangan akademisi maupun praktisi. Untuk hasil penelitian analisis SWOT, kuadran strategi setelah pengolahan nilai matriks IFAS dan EFAS adalah strategi defensif (bertahan). Strategi ini bermakna bahwa diperlukannya untuk meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman dalam proses pengembangan nazhir wakaf. Kelemahannya adalah metode pemilihan nazhir, dominasi nazhir yang berusia lanjut, imbalan nazhir, kompetensi nazhir sangat kurang, pembagian tugas dan tanggung-jawab masing-masing yang masih belum rapi. Ancamannya yaitu turunnya pendapatan penduduk khususnya di Sumatera Utara yang disebabkan oleh pandemi maupun resesi ekonomi global akibat kebijakan pemerintah yang kurang tegas dan pemahaman masyarakat salah dalam memahami wakaf. Dengan demikian, dapat diperoleh hasil penelitian utama yakni strategi prioritas utama yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas para nazhir dengan cara memupuk kompetensi menjadi lebih baik dan menetapkan pembagian tugasnya sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nazhir Wakaf, Manajemen, SWOT, QSPM, Maqashid Syariah.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 04 May 2021 04:25
Last Modified: 04 May 2021 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item