Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Mengajar Dan Mengorganisasikan Materi Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Kitab Kuning Di Pesantren Darussaadah Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

Irwayani, Irwayani (2019) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Mengajar Dan Mengorganisasikan Materi Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Kitab Kuning Di Pesantren Darussaadah Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis di pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar dan mengorganisasikan materi pembelajaran dengan hasil belajar kitab kuning di pesantren Darussa’adah kecamatan Pangkalan Susu kabupaten Langkat, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di pesantren Darussa’adah yang berjumlah 120 orang pada tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampelnya berjumlah 39 orang, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut adalah “sampling sistematis”. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada pembimbing tesis, selanjutnya diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui instrumen variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) yang valid dan reliabel adalah 29 item dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) terdiri dari 30 item juga. Sedangkan uji persyaratan analisis data variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas. Dan hasil uji linieritas diketahui regresi antara variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dengan hasul belajar (Y) dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) dengan hasil belajar (Y) juga linier sehingga selanjutnya dapat dilakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar dan mengorganisasikan materi pembelajaran berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar kitab kuning di pesantren Darussa’adah kecamatan Pangkalan Susu. Dari uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0,551, korelasi variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0,584, dan korelasi variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar kitab kuning (Y) sebesar 0,647. Kontribusi yang disumbangkan oleh variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar terhadap hasil belajar kitab kuning adalah sebesar 30,3%, variabel kemampuan guru mengorganisasikan materi pembelajaran terhadap hasil belajar kitab kuning adalah sebesar 34,1%, dan variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar dan mengorganisasikan materi pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar kitab kuning di pesantren Darussa’adah kecamatan Pangkalan Susu adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar dan mengorganisasikan materi pembelajaran dengan hasil belajar kitab kuning di pesantren Darussa’adah kecamatan Pangkalan Susu kabupaten Langkat, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di pesantren Darussa’adah yang berjumlah 120 orang pada tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampelnya berjumlah 39 orang, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut adalah “sampling sistematis”. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada pembimbing tesis, selanjutnya diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui instrumen variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) yang valid dan reliabel adalah 29 item dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) terdiri dari 30 item juga. Sedangkan uji persyaratan analisis data variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas. Dan hasil uji linieritas diketahui regresi antara variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dengan hasul belajar (Y) dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) dengan hasil belajar (Y) juga linier sehingga selanjutnya dapat dilakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar dan mengorganisasikan materi pembelajaran berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar kitab kuning di pesantren Darussa’adah kecamatan Pangkalan Susu. Dari uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0,551, korelasi variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0,584, dan korelasi variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar (X1) dan variabel mengorganisasikan materi pembelajaran (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar kitab kuning (Y) sebesar 0,647. Kontribusi yang disumbangkan oleh variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar terhadap hasil belajar kitab kuning adalah sebesar 30,3%, variabel kemampuan guru mengorganisasikan materi pembelajaran terhadap hasil belajar kitab kuning adalah sebesar 34,1%, dan variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar dan mengorganisasikan materi pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar kitab kuning di pesantren Darussa’adah kecamatan Pangkalan Susu adalah

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa tentang Kemampuan Guru Mengajar, Mengorganisasikan Materi Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Apr 2021 05:31
Last Modified: 30 Apr 2021 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item