Pola Pembinaan Sikap Spirirtual Santri di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung

Alfayyadh, Muhammad Dzaki (2019) Pola Pembinaan Sikap Spirirtual Santri di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD DZAKI ALFAYYADH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Pembinaan sikap spiritual santri. Penelitian ini dilatari oleh kecendrungan peneliti dalam mengkaji sikap spiritual santri dalam mengembangkan sikap spiritualnya. Maka peneliti harus paham pola pembinaan sikap spiritual santri, faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat pembinaan sikap spirirtual santri agar menjadikan penelitian ini semakin bermanfaat dan menarik untuk terus dilakukan demi terciptanya sikap spirirtual santri dalam segi syariah, akidah dan akhlak. Secara umum, skripsi ini mengajukan 3 (tiga) pertanyaan. Pertama, bagaimana pola pembinaan sikap spirirtual santri di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung? Kedua, apa faktor-faktor yang mendukung pola pembinaan sikap spiritual santri di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung? Ketiga, apa faktor-faktor yang menghambat pola pembinaan sikap spiritual santri di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi dan merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa dalam membina sikap spiritual santri yang di lakukan dewan Pengasuhan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Pandangan ini didasari dari belum terlihatnya kesadaran santri dalam hal beribadah, bermuamalah yang baik, bersikap religious dan berakhlak mulia di lingkungan Pesantren pada saat observasi, kemudian didukung dengan informasi berupa hasil wawancara dengan beberapa informan terkait, dan mengacu pada dokumen. Sehingga denga kajian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan dan menjadi referensi dalam mengkaji pola pembinaan sikap spiritual santri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola pembinaan, sikap spiritual, santri, pesantren
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 30 Apr 2021 05:18
Last Modified: 30 Apr 2021 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item