Pendidikan Agama Islam Inklusif Di SMA Negeri Kota Sibolga

Sapirin, Sapirin (2021) Pendidikan Agama Islam Inklusif Di SMA Negeri Kota Sibolga. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Sapirin.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pendidikan agama Islam inklusif di SMA Negeri Kota Sibolga. Ada tiga rumusan masalah yang dikemukakan yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana sosialisasi pembelajaran PAI Inklusif di lingkungan SMA Negeri Kota Sibolga. Kedua, Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan PAI inklusif di lingkungan SMA Negeri Kota Sibolga. Ketiga. Apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI Inklusif di SMA Negeri Kota Sibolga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneltian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studi dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data dimulai dengan deskripsi tentang pengalaman peneliti terhadap fonomena tentang pendidikan agama Islam inklusif, selanjutnya membuat dan mengembangkan daftar dari pernyataan-pernyataan yang tidak berulang (non repetitive). Selanjutnya mengelompokan pernyataan kedalam unitunit makna dan merefleksikan berdasarkan deskripsinya sendiri dan menggunakan imaginative variation atau deskripsi struktural. Selanjutnya membuat deskripsi keseluruhan dari makna dan esensi dari pendidikan Agama Islam inklusif dan membuat composite textural-structural description dari makna-makna dan esensi pendidikan agama Islam inklusif, mengintegrasikan semua deskripsi teksturalstruktural pengalaman yang mewakili kelompok (responden) secara keseluruhan Temuan pertama dalam penelitian adalah sosialisasi pembelajaran PAI inklusif di SMA Negeri Kota Sibolga yang meliputi rapat Kepala Sekolah dan Guru-Guru dalam Kegiatan Sekolah, pada saat apel sekolah, pada saat proses pembelajaran PAI dan perayaan hari besar agama Islam. Pelaku dan sasaran sosialisasi adalah guru PAI dan kepala sekolah sedangkan sasaran dari sosialisasi PAI inklusif ini adalah seluruh Warga sekolah. Respon sosialisasi pembelajaran PAI inklusif meliputi terbangun suasana pembelajaran yang kondusif, antusias siswa dalam belajar, terbangunnya keharmonisan terhadap guru lainnya, motivasi guru PAI menyusun strategi pembelajaran inlusif. Temuan kedua adalah pelaksanaan PAI inklusif yang meliputi perencanaan yang mencakupi dengan mendata siswa berdasarkan etnis, agama dan sukunya sehingga dapat diselaraskan dengan kurikulum pembelajaran PAI, mengetahui kebutuhan peserta didik, menentukan strategi pembelajaran dan mengevaluasi dan memantau perkembangan siswa. Pada aspek pelaksanaan meliputi pembiasaan istighosah dan doa bersama serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler lainnya dengan melibatkan siswa dan guru non Islam. selanjutnya guru PAI membuat program untuk mewujudkan budaya religius bagi semua v komponen sekolah dan siswa. Selanjutnya Implementasi pola pelaksanaan pembelajaran PAI inklusif dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Selanjutnya pengendalian dan evaluasi tentang pola pelaksanaan pembelajaran PAI inklusif dan kontrol Kepala sekolah terhadap guru-guru dan siswa. Pada aspek evaluasi meliputi proses beralangsung secara berkesinambungan, disifati dengan konsep bertahap, misi rahmatal li al „alamin, dan setiap peraturan yang dilakukan diselesaikan dengan cara musyawarah Temuan ketiga adalah faktor pendukung meliputi sosial budaya masyarakat Sibolga, budaya inklusif telah terbentuk dalam waktu yang lama, pemahaman Islam yang moderat dan telah terbangun budaya inklusif di SMA Negeri Kota Sibolga. Sedangkan faktor penghambat meliputi sedikitnya alokasi waktu pelajaran PAI yang hanya 2 jam pelajaran perminggu, belum tersedianya perpustakaan dan buku paket/modul PAI yang mendukung PAI inklusif, belum adanya kurikulum baku dari pemerintah tentang PAI inklusif sehingga pelaksanaannya masih strategi masing-masing guru PAI dan sosialisasi yang dilakukan masih berupa himbauan baik pemerintah maupun pihak sekolah, belum adanya pelatihan tentang PAI inklusif

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:06
Last Modified: 28 Apr 2021 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item