Modernisasi Pendidikan Islam Di Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga

Kahar, Syadidul (2021) Modernisasi Pendidikan Islam Di Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Syadidul Kahar.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan modernisasi pendidikan Islam di Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. Ada tiga masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini: Pertama, bagaimana sejarah perkembangan Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. Kedua, bagaimana sistem pendidikan Islam Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. Ketiga, bagaimana modernisasi lembaga pendidikan Islam Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. Penelitian dalam disertasi ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan sejarah sosial. Penelitian disertasi ini juga penelitian fenomenologi yang mendiskripsikan fenomenafenomena tentang modernisasi di Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dimulai dengan pemilihan topik, pengumpulan data, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik studi dokumentasi, observasi, penelusuran literatur dan wawancara. Sumber data diproleh ditinjau berdasarkan bahanya yaitu dokumen dan artefak, berdasarkan penyampaiannya. Analisis data dilakukan mulai dari awal penelitian sampai kesimpulan. Temuan yang diproleh dalam penelitian ini bahwa terjadinya modernisasi pendidikan Islam di Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga mulai pada kepemimpinan Abon Abdul Aziz mulai pada tahun 1958 dan puncaknya pada kepemimpinan Abu Hasanoel Bashry mulai pada tahun 1989. Faktor yang mempengaruhi modernisasi diantaranya faktor sosial yang meliputi lahirnya perguruan tinggi negeri islam dan umum di aceh, berdirinya industry besar di Lhokseumawe, information and communication technology (ICT), ijazah sebagai syarat bekerja di pemerintahan dan swasta, pesantren modern dan penguasaan bahasa dan peran alumni. Selanjutnya faktor intelektual bahwa Abon Abdul Aziz modernisasi pendidikan dipengaruhi ketika belajar di Dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan, sedangkan Abu Hasanoel Bashry dengan latar belakang pendidikan formal SRI dan PGAP. Sedangkan faktor politik lebih pada kebijakan terhadap perkembangan lembaga pendidikan di bawah naungan pemerintah. Temuan kedua adalah modernisasi sistem pendidikan Islam di Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah, pada masa Abon Abdul Aziz modernisasi terjadi pada pembelajaran dengan sistem klasikal, kurikulum yang menekankan pada ilmu alat dan sarana dan prasarana. Pada masa Abu Hasanoel Bashry terjadi modernisasi pendidikan yang pesat, dimulai dari tujuan pendidikan yang jelas dan tegas, telah ada seleksi teungku dan thalabah, kurikulum yang jelas dan modern, sarana dan prasarana yang modern, serta telah menggunakan manajemen kompleks. v Temuan ketiga bahwa modernisasi lembaga pendidikan di YAPIA Samalanga pada tingkat dayah meliputi SPM Wustha, SPM Ulya dan Ma‟had Aly. Pendidikan formal yang meliputi TPQ Muhadzdzabul Akhlaq, TK Al Aziziyah, SD Islam Al Aziziyah, SMP dan SMK Jamiah Al Aziziyah, penyetaraan paket A, B, C dan Institut Agama Islam (IAI) Al Aziziyah Samalanga. Kegiatan ekstrakurikuler meliputi Lajnah Pengembangan Bahasa Asing (LPBA), Lajnah Bahtsul Masail, Lajnah Pengembangan Dakwah, Rabithah Alumni, Lajnah Tahfijul Quran. Untuk merealisasikan modernisasi ini maka strategi yang dilakukan adalah penekanan terhadap ilmu alat dalam kurikulum, membentuk yayasan, membangun sarana dan prasarana, merekomendasikan santri melanjutkan pendidikan lebih tinggi dan mengikuti berbagai even, mendatangkan para pakar dan menjalin kerja sama, berbasis IT dan mendayahkan masyarakat. Berdasakan hasil temuan tersebut maka novelty dalam disertasi ini adalah suatu model sistem pendidikan yang mengintegrasikan sosio-religio-budaya dan sosio-intelektual dari tampilan dan langgam peran ulama dayah dengan adaptasi terhadap sistem modernisasi.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:02
Last Modified: 28 Apr 2021 05:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item