Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation Dalam Pengenalan Pola Tanda Tangan Untuk Identifikasi Potensi Diri

Kholis, Ahmad (2019) Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation Dalam Pengenalan Pola Tanda Tangan Untuk Identifikasi Potensi Diri. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi revisi jilid non listing.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanda tangan merupakan salah satu penggunaan sistem autentifikasi dalam sebuah instansi atau lembaga, khususnya perusahaan-perusahaan yang besar. Tanda tangan setiap individu memiliki ciri khas tersendiri sehingga tanda tangan dipilih untuk menjadi cara autentifikasi diri. Dalam hal ini dibuat sebuah sistem yang dapat mengenali tanda tangan beserta kesimpulan potensi yang dimiliki oleh pemilik tanda tangan tersebut. Sistem ini menggunakan jaringan syaraf tiruan khususnya metode Backpropagation. Metode Backpropgation yang digunakan pada sistem ini adalah algoritma Backpropagation standar. Pada penelitian ini menggunakan 80 data yang terbagi menjadi 60 data latih dan 20 data uji. Percobaan dilakukan menggunakan 1dan 2 hidden layer. Hasil yang dicapai pada sistem ini menunjukkan bahwa semakin banyak pola pelatihan, maka pola juga akan semakin besar dikenali. Pola dapat dikenali dengan akurasi sebesar 92,5% pada 1 hidden layer dan 92,5% pada 2 hidden layer. Untuk potensi diri dilakukan dengan mengisi kuesioner untuk menemukan potensi diri melalui ciri kepribadian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:54
Last Modified: 26 Apr 2021 06:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item