Efektivitas Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Berdasarkan Permensos RI Nomor 1 Tahun 2018 Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Di Kec. Bilah Hhulu Kab. Labuhanbatu)

Pertiwi, Dwi Ambar (2020) Efektivitas Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Berdasarkan Permensos RI Nomor 1 Tahun 2018 Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Di Kec. Bilah Hhulu Kab. Labuhanbatu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DWI AMBAR BARU kali-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bantuan sosial PKH merupakan program yang dibuat oleh pemerintah yang ditujukan untuk keluarga sangat miskin, dan telah ditetapakn oleh Kemensos dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sejak tahun 2015 PKH di Kecamatan Bilah Hulu sudah berjalan dengan jumlah 1019 peserta, kemudian sampel yang diambil adalah masyarakat, untuk mengetahui efektivitas bansos PKH maka harus menggunakan pengukuran efektivitas dan pengambilan sampel yaitu dengan menggunakanteknik Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebagai informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 peserta penerima manfaat PKH, 1 orang pendamping PKH, , Sekretaris Kecamatan Bilah Hulu, 4 orang pejabat Kecamatan Bilah Hulu, dan 3 orang masyarakat di Kecamatan Bilah Hulu. Adapun komponen sebagai penerima PKH yaitu komponen kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.Penerima PKH di Kecamatan Bilah Hulu masih banyak yang belum teoat sasaran Karena tdiak sesuai dengan kriteria penerima manfaat PKH, yakni termasuk kategori mampu. Selain itu adapula penghapusan bantaun PKH untuk ibu hamil dikarenakan semakin banyak nya laporan jumlah ibu hamil yang diterima oleh pendamping PKH setiap pertemuan. Sedangkan didalam permensos RI No.1 tahun 2018 tentang program keluarga harapan tidak ada batasan jumlah penerima bantuan apabila sudah terdaftar sebagai peserta PKH baik untuk ibu hamil, pendidikan dll.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:39
Last Modified: 26 Apr 2021 06:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11454

Actions (login required)

View Item View Item