Evaluasi Program Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Balai Diklat Keagamaan Medan

Safaruddin, Safaruddin and Wijaya, Candra and Ali, Rahmadi (2020) Evaluasi Program Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Balai Diklat Keagamaan Medan. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (2). ISSN 2581-1754

[img]
Preview
Text
1191-2842-1-PB.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Balai Diklat Keagamaan Medan dengan tujuan untuk mengevaluasi program peningkatan kompetensi guru Madrasah pada diklat teknis substantif penyusunan RPP Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process and product) yang difokuskan pada pertanyaan-pertanyaan inti yaitu kondisi konteks program peningkatan kompetensi guru Madrasah, kondisi input pada program peningkatan kompetensi guru Madrasah, kondisi proses pada program peningkatan kompetensi guru Madrasah dan kondisi produk pada program peningkatan kompetensi guru Madrasah. 538 Hasil penelitian ini terdiri dari 4 komponen. Pertama. Dimensi kontek yaitu Analisis kriteria landasan hukum, bahwa setiap diklat harus memiliki payung hukum diantaranya Peraturan Menteri Agama 10 Tahun 2018 tentang perubahan PMA No. 59 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Kriteria Analisis Organisasi Diklat, bahwa Organisasi diklat yang mengelola kegiatan diklat memiliki landasan hukum juga memiliki landasan hukum dalam bekerja, organisasi diklat adalah merupakan peralihan tanggungjawab dari Kasi kepada panitia diklat Panitia ini ditetapkan oleh Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan lalu kemudian diberi SK. Kedua. Dimensi input yaitu tersedianya sumber daya yang handal seperti widyaswara/tenaga pengajar, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai bagi peserta diklat, tersedianya pembiayaan yang ditanggung Negara. Ketiga. Dimensi proses, yaitu Pelaksanaan program diklat sesuai dengan yang direncanakan, widyaswara/tenaga pengajar menguasai materi diklat yang disajikan, widyaswara/tenaga pengajar menguasai metode pembelajaran dalam menyampaikan materinya, widyaswara/tenaga pengajar menggunakan media pembelajaran dalam menyajikan materinya, peserta diklat membuat kelompok belajar, peserta diklat praktek membuat RPP. Keempat. Dimensi produk yaitu Guru kurang memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar pada RPP, Guru dapat merumuskan indicator, Guru mampu merumuskan tujuan pembelajaran, Guru dapat menentukan metode pembelajaran, Guru dapat menyusun kegiatan pembelajaran, Guru dapat merumuskan sumber dan media pembelajaran, guru dapat merumuskan penilaian dalam pembelajaran

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:57
Last Modified: 26 Apr 2021 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item