Strategi Pemasaran Sukuk Tabungan ST-005 Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk. KC. Medan S. Parman

Harahap, Muhammad Akbar (2020) Strategi Pemasaran Sukuk Tabungan ST-005 Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk. KC. Medan S. Parman. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Keuangan menerbitkan salah satu instrumen sumber pembiayaan, yaitu Sukuk Tabungan untuk mendukung proyek pemerintah dalam pembangunan infrastruktur. Kebijakan ini juga untuk mendorong masyarakat berinvestasi tidak hanya melalui deposito atau investasi yang lainnya yang sudah umum dilakukan di seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pemasaran Sukuk Tabungan ST-005 yang dilakukan oleh PT. BRI Syariah KC. Medan S. Parman; (2) Kendala dan upaya yang dihadapi oleh PT. BRI Syariah KC. Medan S. Parman memasarkan Sukuk Tabungan ST-005 (3); Strategi paling tepat guna meningkatkan jumlah investor di PT. BRI Syariah KC. Medan S. Parman. Penelitian ini menggunakan yang namanya pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik, jenis dan sumber data dilakukan dengan metode observasi langsung dan wawancara, selanjutnya melakukan analisis terhadap terhadap bahan yang ada dengan analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa strategi pemasaran yang selama ini dilakukan oleh PT. BRI Syariah terdiri dari dua aspek, proses pemasaran dan bauran pemasaran. Proses pemasaran meliput: (1) (a) segmenting ialah retail dan coporate; (b) targeting yang dilakukan berupa concerted targeting strategy; (c) positioning yang dilakukan adalah aplikasi BRIS online untuk melakukan transaksi online Sukuk Tabungan. Bauran pemasaran meliputi: (a) product berupa Sukuk Tabungan ST-005: (b) price yang dilakukan sangatlah terjangkau dari kalangan manapun minimum Rp.1.000.000,00 dan maksimum Rp.3.000.000.000,00; (c) place yang terjangkau aman dan nyaman; (d) promotion yang dilakukan dengan seminar face to face dan media online; (e) people yang memiliki pengetahuan dan pengalam; (f) physical evidence dilengkapi dengan fasilitas lengkap; (g) process yang mudah. (2) Kendala yang hadapi, yaitu: kemampuan finansial, kondisi pasar obligasi, dan Sukuk Ritel. Upaya menghadapi kendala meningkatkan kualitas pemasaran, menggunakan sistem digitalisasi. Dalam hal ini, tetapi strategi yang digunakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah belum baik, belum maksimal dan belum mencapai target yang dituju perlu ada perubahan dalam memasarkan sukuk tabungan kedepannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Apr 2021 14:57
Last Modified: 18 Apr 2021 14:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item