Penerapan E-Commerce Dalam Penguatan Daya Saing Usaha Melalui Startup (Studi Kasus Perusahaan GPS Medan)

Rizki, Utia Elja (2021) Penerapan E-Commerce Dalam Penguatan Daya Saing Usaha Melalui Startup (Studi Kasus Perusahaan GPS Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Utia Elja Rizki_ 0501162154.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian yaitu pesatnya kemajuan teknologi serta besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia membuat peluang bagi dunia usaha hal ini juga didukung dan didorong oleh program pemerintah agar banyak pelaku usaha yang memanfaatkan e-commerce agar terus mampu bersaing di tengah perkembangan teknologi saat ini. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan minat masyarakat untuk menerapkan e-commerce pada usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan e-commerce melalui startup mampu menguatkan daya saing usaha GPS Medan, kemudian mengetahui apa yang menjadi motif pelaku usaha GPS Medan dalam menerapkan e-commerce melalui startup dan mengetahui bagaimana dampak dari penerapan e-commerce dalam penguatan daya saing usaha GPS Medan melalui startup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode komparatif atau perbandingan yang menggunakan pendekatan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam didukung studi dokumentasi terhadap pihak perusahaan GPS Medan dan konsumen dari perusahaan GPS Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-commerce melalui startup GPS Medan mampu meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan kemampuan berinovasi serta memudahkan transaksi konsumen sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha perusahaan GPS Medan. Selain itu, motif yang mendorong pelaku usaha menerapkan e-commerce melalui startup ialah usaha akan lebih terpercaya dan meningkatkan kredibilitas, bisnis startup juga tidak membutuhkan kantor yang strategis bahkan tidak memerlukan kantor, meningkatkan pangsa pasar, dan dapat membangun branding dan identitas yang kuat bagi perusahaan, serta penerapan ecommerce berdampak positif dalam meningkatkan jumlah konsumen, meningkatkan penjualan dan pendapatan hingga dua kali lipat, membantu menciptakan lapangan pekerjaan, dan dapat berpeluang menambah layanan bisnis baru akibat dari memahami dan menguasai teknologi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 16:47
Last Modified: 17 Apr 2021 16:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item