Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Ekstrakurikuler Kaligrafi Di SMP IT Al-Kaffah Binjai

Andini, Dessy (2021) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Ekstrakurikuler Kaligrafi Di SMP IT Al-Kaffah Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dessy Andini (BKPI)-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada Fenomena yang terjadi di SMP IT Al-Kaffah Binjai bahwa terdapat peserta didik yang memiliki minat ekstrakurikuler kaligrafi yang rendah. Fenomena yang terjadi pada peserta didik mengalami tidak fokus dalam mengikuti kegiatan kaligrafi, peserta didik masih mengeluh karena tidak bisa menulis kaligrafi dan peserta didik masih belum bisa menulis sesuai dengan bentuk kaidah tulisan seni kaligrafi yang diajarkan oleh guru kaligrafi di sekolah, kurangnya motivasi pada diri peserta didik, minimnya dana bantuan yang diberikan oleh pihak sekolah untuk membeli peralatan kaligrafi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat ekstrakurikuler kaligrafi peserta didik dengan melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan 15 subjek yang memiliki tingkat minat dalam kotegori rendah, sedang dan tinggi, diambil menggunakan teknik purposive sampling yang akan menggunakan kelompok eksperimen yang memperoleh pretest dan post-test. Metode pengumpulan data berupa skala likert, yang digunakan ialah Deskriptif Persentase dan statistic non parametric yang menggunakan rumus wilxocon, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, 15 responden yang menjadi sampel memiliki persentase rata-rata minat mengikuti kegiatan kaligrafi 49% (kategori rendah) sebelum diberikan layanana bimbingan kelompok. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok secara umum responden memiliki rata-rata post test sebesar 69% (kategori sedang). Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui nilai ASYMP.SIG adalah 0,001 yang berarti lebih kecil dari pada nilai 0,05 sehingga hipotesis diterima. Maka, terdapat Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap minat ekstrakurikuler kaligrafi di SMP IT Al-Kaffah Binjai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 16:41
Last Modified: 17 Apr 2021 16:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11414

Actions (login required)

View Item View Item