Peranan Koperasi Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Anggota Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Kasus Koperasi Syariah Al-Ikhlas Tanjung Gusta Medan)

Muttaqien, Faizul (2020) Peranan Koperasi Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Anggota Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Kasus Koperasi Syariah Al-Ikhlas Tanjung Gusta Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FAIZUL_MUTTAQIEN[1] (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi syariah merupakan suatu badan usaha yang berbadan hukum dan berasaskan kekeluargaan dengan mengutamakan rasa persaudaraan kepada anggota seluruhnya yang berdasarkan syariah Islam, yaitu Al-quran dan Assunnah. Tujuan koperasi syariah sendiri adalah untuk memajukan perekonomian anggota dan masyarakat pada umumnya. Masalah pokok yang muncul dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran koperasi syariah Al-Ikhlas dalam meningkatkan perekonomian anggotanya, ditinjau dari perspektif ekonomi Islam ? Bagaimana hambatan yang dialami Koperasi syariah Al-Ikhlas dalam mengelola usahanya? Dan juga Bagaimana solusi yang dilakukan koperasi Al-Ikhlas dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi? Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peranan koperasi syariah dalam meningkatkan perekonomian anggota. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua pengelola di Koperasi Syariah Al-Ikhlas, Informan dalam penelitian ini: Ketua Koperasi, Sekertaris Koperasi dan anggota/karyawan yang ada di Koperasi Al-Ikhlas. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, data dikumpulkan dengan melihat apa yang terlihat, menganalisis data dan menyimpulkannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa 1) Koperasi Al-Ikhlas ini memberikan peranan yang sangat besar dalam perekonomian anggotanya 2) Kendalakendala nya yaitu pembiayaan macet, uang denda, & masih kurangnya perhatian pemerintah terhadap koperasi Al-Ikhlas 3) Solusinya yaitu, dalam mengatasi pembiayaan macet: membuat penjadawlan kembali, membuat persyaratan kembali, dan membuat penataan kembali. Dalam mengatasi uang denda: Bagi nasabah yang tidak mampu membayar tagihan maka koperasi harus memaafkan dan membimbing nasabah tersebut. Dalam mengatasi kurangnya perhatian pemerintah: Koperasi syariah harus mempertahankan eksistensi, inovasi dan serta dukungan dari masyarakat

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 15:57
Last Modified: 17 Apr 2021 15:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item