Tinjauan Siyasah Maliyah Terhadap Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Ekonomi Kemasyarakatan (Study Kasus Di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai)

Wardhani, Rini Ari (2021) Tinjauan Siyasah Maliyah Terhadap Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Ekonomi Kemasyarakatan (Study Kasus Di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINI ARI WARDHANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) merupakan sebuah badan usaha yang di kelola oleh sekelompok orang yang dipercaya oleh pemerintah desa untuk menggali potensi desa dan memajukan perekonomian desa dengan terstruktur, dalam rangka memperoleh keuntungan bersama sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran badan usaha milik desa dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan dan tinjauan Siyasah Maliyah terhadap peran badan usaha milik desa dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana peran badan usaha milik desa dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai dan bagaimana tinjauan Siyasah Maliyah terhadap peran badan usaha milik desa dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. BUM Desa Madani di bentuk pada tanggal 13 Maret 2018 yang didasarkan pada Undang-undang No.6 Tahun 2016 tentang Desa. Keberadaan BUM Desa Madani dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Melati II dinilai sudah efektif karena telah berdiri beberapa unit usaha seperti lembaga perantara, bisnis penyewaan, perdagangan serta usaha bersama yang berperan dalam membantu masyarakat meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan serta mempermudah pemasaran hasil usaha masyarakat. Tinjauan Siyasah Maliyah terhadap peran BUM Desa Madani telah sesuai dengan prinsip kemaslahatan yang bersifat sosial objektif (AlMaslahah Al-Ammah) yaitu mementingkan kepentingan orang banyak dibandingkan kepentingan individu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber data penelitian ini ada tiga jenis yaitu sumber data primer, data sekunder dan data tersier. Sumber data primer berasal dari pengurus BUM Desa dan masyarakat di Desa Melati II, sumber data sekunder diperoleh dari Undang-undang atau peraturan perundang-undangan, buku-buku, Al-qur’an, Hadist dan jurnal yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, study pustaka dan dokumentasi. Kemudian teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 04:14
Last Modified: 17 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item