Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan PTPN III Medan)

Lubis, Siti Nurmala (2020) Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan PTPN III Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURMALA LUBIS .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance (GCG), ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap kinerja perusahaan secara parsial dan simultan pada PTPN III Persero. Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu mengalami masalah dalam pengelolaan GCG dan penurunan aset dan profitabilitas (ROE) yang berdampak pada kinerja perusahaan. Populasi pada penelitian ini yaitu Laporan Keuangan pada PTPN III Persero Medan mulai tahun 2014-2018 dan sampel yang digunakan ukuran dewan direksi dan komisaris, Laporan Posisi Keuangan dan Laba Rugi selama 60 bulan mulai tahun 2014-208. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purpose sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dimana GCG, ukuran perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel independen dan kinerja perusahaan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial GCG 1,370 dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,176 terhadap kinerja perusahaan. Dan hasil uji parsial ukuran perusahaan 3,494 dengan tingkat signifikan 0,001 terhadap kinerja perusahaan. Hasil pengujian parsial profitabilitas 4.569 dengan nilai signifikan 0,000 terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan dari hasil koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 41.6% yang artinya variabel independen GCG, ukuran perusahaan dan profitabilitas dapat menjelaskan variabel dependen kinerja perusahaan sebesar 58,4% sisanya dijelaskan variabel lain diluar model penelitian

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:57
Last Modified: 15 Apr 2021 05:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item