Implementasi Perda Provinsi Sumatra Utara No.1 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Das) Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Sungai Deli di Kec. Medan Barat Kota Medan)

Pangestu, Reydho (2020) Implementasi Perda Provinsi Sumatra Utara No.1 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Das) Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Sungai Deli di Kec. Medan Barat Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
RIDHO SIYASAH-converted.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan yang dilakukan di Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana implementasi Perda Provinsi Sumatra Utara No.1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) pada sungai deli di kecamatan medan barat dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap implementasi perda tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis akan membahas peran pemerintah kota medan dalam pengelolaan ekosistem daerah aliran sungai (DAS) sungai deli di daerah bantaran sungai di Kecamatan medan barat. Serta, Upaya dalam penanganan pencemaran dan program apa saja yang diterapkan dinas kota medan di Kecamatan Medan barat kota Medan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis menemukan bahwa realita dalam mengelola daerah aliran sungai (DAS) sungai deli di Kecamatan Medan Barat masih kurang sesuai, Kepala penelaah data statistik DAS (Daerah Aliran Sungai) telah melakukan beberapa upaya kegiatan efektif. Seperti, Pemerintah melakukan kegiatan sosialiasi pembinaan dan pengawasan bangunan di DAS sungai deli. Namun, Setelah peneliti melakukan wawancara masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya kegiatan yang dilakukan pemerintah Kota Medan. Penyebab dari Permasalahan ini adalah akibat kurangnya koordinasi antara masyarakat dengan pemerintah Kota Medan dalam menjaga kelestarian DAS sungai deli dan tidak menutup kemungkinan bahwasanya tidak adanya kepedulian masyarakat terhadap menjaga ekosistem DAS sungai deli di Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Apabila dilihat dalam kajian Fiqih Siyasah yaitu dalam konteks peran manusia untuk tidak berbuat kerusakan di muka bumi dan melestarikan lingkungan untuk menjadi lebih asri

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:25
Last Modified: 15 Apr 2021 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11373

Actions (login required)

View Item View Item