Meningkatkan Perilaku Asertif Melalui Kebiasaan Mengemukakan Pendapat Teknik Debat Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan

Daulay, Annisa Arrumaisyah (2021) Meningkatkan Perilaku Asertif Melalui Kebiasaan Mengemukakan Pendapat Teknik Debat Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UINSU Medan.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN ANNISA ARRUMAISYAH DAULAY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Remaja sebagai individu yang mulai tumbuh dan berkembang seringkali terbawa oleh lingkungan dan kurang memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh dirinya. Dalam interaksi tersebut setiap siswa harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi sehingga tidak menyinggung satu sama lain dan tidak menimbulkan prasangka negatif. Agar berhasil membina hubungan sosial dan proses belajar yang baik, siswa harus berperilaku asertif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku asertif melalui kebiasaan mengemukakan pendapat teknik debat siswa kelas X di MAN 2 Model Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 18 orang siswa kelas X yang memiliki perilaku asertif rendah. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kebiasaan mengemukakan pendapat terhadap perilaku asertif siswa kelas X Man 2 Model Medan. Dapat disimpulkan kebiasaan mengemukakan pendapat efektif dalam meningkatkan perilaku asertif siswa.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Apr 2021 12:30
Last Modified: 26 Jul 2023 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

View Item View Item