Upaya guru bimbingan dan konseling menangani siswa memperoleh prestasi belajar rendah di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Batangkuis Deli Serdang

Zakiyyah, Aminah Luthfi (2020) Upaya guru bimbingan dan konseling menangani siswa memperoleh prestasi belajar rendah di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Batangkuis Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aminah luthfi Z (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam yang bertepatan di Jalan Peringgan Desa Tumpatan Nibung Kec. Bt. Kuis Kab. Deli Serdang. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan belajar siswa, kemudian pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut, serta upaya guru bimbingan dan konseling menangani siswa yang memperoleh prestasi belajar rendah. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK yang telah melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang memperoleh prestasi belajar rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis data deskriptif, penjamin keabsahan data peneliti yaitu dengan uji kredibilitas, dengan beberapa cara : 1) perpanjangan pengamatan 2) meningkatkan ketekunan 3) menggunakan bahan refrensi 4) menggunakan member check. Berdasarakan penelitian yang sudah dilakukan, kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) kemampuan belajar siswa di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam pada umumnya sudah baik, akan tetapi masih didapati beberapa siswa yang memperoleh prestasi belajar rendah 2) pelaksanaa kegiatan layanan bimbingan dan konseling di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam sudah baik dan berjalan sebagaimana biasanya 3) upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani siswa berprestasi belajar rendah yaitu dengan pemberian layanan bimbingan dan konseling seperti: layanan orientasi, layanan nformasi, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konseling individual, kemudian dengan melakukan panggilan orang tua (mudiffah massal).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Kegiatan Layanan BK
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:57
Last Modified: 14 Apr 2021 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item