Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Program Bimbingan Dan Konseling Di MTs Negeri 2 Deli Serdang

Andriati, Ayu (2021) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Program Bimbingan Dan Konseling Di MTs Negeri 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU ANDRIATI (0303162097).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kualitas program bimbingan dan konseling di MTs N. 2 Deli Sedang, 2) untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas program bimbingan dan konseling di MTs N.2 Deli Serdang, dan 3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas program bimbingan dan konseling di MTs N.2 Deli Serdang Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru BK, dan Wakil Kepala Madrasah.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Kualitas program bimbingan dan konseling di MTs N.2 Deli Serdang pada umumnya sudah baik, telah mengacu pada bimbingan dan konseling pola tujuh belas plus, penyusunan program bimbingan dan konseling juga sudah berdasarkan kebutuhan siswa. Namun, belum adanya jam khusus masuk kelas dan fasilitas yang dimiliki masih belum ideal. 2) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas program bimbingan dan konseling di MTs N. 2 Deli Serdang telah dilaksanakan dengan cara mengkoordinasikan kegiatan program bimbingan dan konseling, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam bimbingan dan konseling walaupun belum maksimal dan akan terus ditingkatkan agar kualitas program bimbingan dan konseling lebih baik, memberikan kemudahan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling, menetapkan koordinator bimbingan dan konseling, mengadakan kegiatan pembinaan dan pengawasan terhadap terlaksananya program bimbingan dan konseling. Secacara keseluruhan peran kepala madrasah telah dilaksanakan namun belum maksimal dan perlu ditingkatkan lagi, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan bimbingan dan konseling serta dalam memberikan jam khusus masuk ke kelas untuk pelaksanaan program bimbingan dan konseling. 3) faktorfaktor yang mempengaruhi peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas program bimbingan dan konseling di MTs N. 2 Deli Serdang adalah faktor internal dan eksternal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Apr 2021 12:43
Last Modified: 14 Apr 2021 12:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item