Khamar Dalam Alquran (Studi Kritis Terhadap Penafsiran Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah)

Anwar, Rizal Ichsan (2016) Khamar Dalam Alquran (Studi Kritis Terhadap Penafsiran Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah). Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian ini memfokuskan tentang pandangan Quraish Shihab mengenai khamar. Adapun pandangan beliau tentang khamar seperti yang terdapat dalam Tafsir Al-Misbah adalah segala sesuatu yang memabukkan atau berpotensi memabukkan (meski ada atau tidak ada bahan alkoholik), apapun bahan mentah dan jenisnya, baik itu berbentuk minuman, makanan, maupun cairan dan benda padat, yang jika dikonsumsi (digunakan) –diminum atau dimakan– oleh seorang normal dalam kapasitas banyak ataupun sedikit, dapat membahayakan, mengancam, merusak jiwa (ruhani), tubuh (jasmani) dan akal pikiran serta agamanya, bisa menyebabkan pemborosan dan menghilangkan harta, dapat menimbulkan kejahatan/ keburukan atau melakukan tindakan kriminal dan hal-hal yang tidak pada tempatnya, serta dapat mengakibatkan ketidak-seimbangan antara pikiran dan jasmani yang berujung kepada permusuhan yang bukan hanya sifatnya sementara tetapi dapat berlanjut sehingga memunculkan kebencian antar manusia. Kategori khamar menurut Quraish Shihab adalah narkoba dan minuman keras, sebab khamar dan narkoba sama-sama memiliki dampak negatif (buruk) yang sangat banyak, sama halnya seperti minuman keras. Jenis narkoba yang dimaksud di sini ialah heroin, morfin, candu, ganja, sabu, putaw, kokain, ecxtasy maupun heroin, dan tembakau (yang mengandung nikotin). Adapun jenis minuman keras dan semacamnya yaitu seperti wiski, sampanye, vodka, minuman keras oplosan, bir, tuak dan cassanova). Khamar yang bisa dijadikan sebagai pangan, obat dan lain-lain. seperti jenis narkotika II (yang bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian) contohnya petidin, benzetidin, betametadol dan KHAMAR DALAM ALQURAN (STUDI KRITIS TERHADAP PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH RIZAL ICHSAN ANWAR ii narkotika III (yang memiliki daya aktif ringan dan bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian) contohnya kodein dan turunannya. Dari sekian banyak dampak negatif khamar menurut Quraish Shihab ialah menghalangi manusia dari mengingat Allah, baik dengan hati, lidah, maupun dengan perbuatan, dapat menghilangkan keseimbangan, adanya gangguan kesehatan, terjadi penipuan atau kebohongan, perolehan harta tanpa hak, serta menimbulkan benih permusuhan antar sesama manusia. Menyebabkan kerusakan terhadap jasmani dan ruhani manusia, akal serta pikirannya. Mengkonsumsi khamar juga dapat menyebabkan mulut menjadi bau. Orang yang mengkonsumsi khamar seperti minuman keras dan semacamnya, dapat berbicara keliru pikirannya akan terbendung, tidak mengalir secara normal, dan dapat melakukan hal-hal yang tidak pada tempatnya. Dan jika mengerjakan salat dalam kondisi mabuk maka salatnya juga tidak akan sah di sisi Allah swt., sampai dia sadar. Adapun dampak positif khamar ialah keuntungan materi yang berlimpah-ruah, kesenangan sementara, kehangatan di musim dingin, dan ketersediaan lapangan kerja. Uang hasil penjualan khamar bisa disumbangkan ke fakir miskin atau yang membutuhkan. Dampak positif lainnya juga bisa dijadikan sebagai pangan, obat atau bisa digunakan dalam hal pengobatan serta penelitian dan lain-lain. Quraish Shihab juga menjelaskan tentang dampak positif khamar di akhirat yaitu kandungannya tidak dapat memabukkan tidak merusak kesehatan lahir dan batin serta tidak menyebabkan mabuk. Minuman khamar yang lezat dan sedap itu juga berfungsi mensucikan jiwa dari segala bentuk was-was dan kelemahan. iii

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat tertentu;
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 30 Nov 2016 03:54
Last Modified: 30 Nov 2016 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item