Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat, Studi Kasus PT. Bank Muamalat Cabang Medan Balaikota

Alkhairi, M. Fikri (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat, Studi Kasus PT. Bank Muamalat Cabang Medan Balaikota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. FIKRI ALKHAIRI, 51143041, PERBANGKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Loyalitas nasabah menjadi prioritas utama dalam penelitian ini karena tingkat yang semakin tajam diantara perusahaan perbankan di Indonesia. Hal utama agar perusahaan dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar maka kualitas pelayanan, kualitas jasa dan citra bank harus ditingkatkan. Perbankan harus memperhatikan halhal yang dianggap penting oleh nasabah. Agar nasabah merasa puas dan tidak beralih pada perbankan lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh kualitas pelayanan, kualitas jasa dan citra bank terhadap loyaltas nasabah di Bank Muamalat Cabang Balikota, Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ni adalah nasabah Bank Muamalat Cabang Balaikota, Medan dengan jumlah 2446 nasabah. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian ini sejumlah 96 nasabah. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling askidental, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan artinya siapa saja nasabah yang datang dapat dijadikan sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan uji statistic terlebih dahulu. Uji statistik terdwi dari uji Ttest Ftest , Koefisien determinasi (R2 ), pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu TBM SPSS Statistic 20.0. Berdasarkan hasil penelitian dipcroleh persamaan regresi linear berganda Y = 13,675 + 0,255X1 + 0,114 X2 + 1,821 X3 Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, variabel kualitas jasa berpengaruh negative terhadap loyalitas nasabah dan variabel citra bank berpegaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Cabang Balaikota, Medan. Uji Ftest menunjukkan bahwa F hitung 5,188 dengan nilai signifikansi 0,002. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas jasa dan citra bank secara bersamasama berpengaruh terbadap loyalitas nasabah, sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,651 ini berarti berkontribusi variasi variabel independen (kualitas pelayanan, kualitas jasa, citra bank) mampu menjelaskan variasi variabel dependen (loyalitas nasabah) 65,1Yo sedangkan sisanya sebesar: 34,949 dijelaskan variasinya oleh variabel di luar model penelitian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Apr 2021 08:07
Last Modified: 12 Apr 2021 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item