Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT Di SD Swasta Shafiyyatul Amaliyyah International Islamic Full Day School Medan

Sodri, Sodri (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT Di SD Swasta Shafiyyatul Amaliyyah International Islamic Full Day School Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Sodri_PDF.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai cara telah dikenalkan serta digunakan dalam proses pembelajaran dengan harapan pembelajaran yang dilakukan pendidik akan lebih berkesan dan pembelajaran bagi peserta didik akan lebih bermakna. Perkembangan ICT (Information, Commucation, and Technology) atau yang biasa diartikan dalam bahasa Indonesia dengan TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) atau disebut juga dengan kata multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidikn untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan Pembelajaran PAI berbasis ICT di SD Swasta Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah International Islamic Full Day School Medan, (2) Penggunaan ICT dalam pembelajaran PAI di SD Swasta Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah International Islamic Full Day School Medan, dan (3) Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT dan Solusinya di SD Swasta Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah International Islamic Full Day School Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunaan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menjadi kesatuan yang konklusif dengan menggunakan pendekatan induktif. Dari hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT di SD Swasta Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah International Islamic Full Day School Medan dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari tujuan pembelajaran PAI di sekolah tersebut tidak menyimpang dengan tujuan pendidikan Nasional serta hasil evaluasi melibihi dari nilai standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Berbasis ICT
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Apr 2021 08:29
Last Modified: 09 Apr 2021 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item