Pelaksanaan Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Memilih Jurusan Siswa Kelas X SMA PAB 4 Sampali

Sapitri, Ade (2019) Pelaksanaan Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Memilih Jurusan Siswa Kelas X SMA PAB 4 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE SAPITRI 33153090.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Proses dalam memilih jurusan Kelas X SMA PAB 4 Sampali; 2) Pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran SMA PAB 4 Sampali; 3) Keberhasilan layanan penempatan dan penyaluran dalam memilih jurusan siswa kelas X SMA PAB 4 Sampali; 4) Hambatan yang sering terjadi dalam proses pemilihan jurusan. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA PAB 4 Sampali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru BK dan Siswa SMA PAB 4 Sampali. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengujian keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa 1) Proses dalam memilih jurusan siswa kelas x berdasarkan jawaban dari Guru BK yang sudah manganalisis data siswa, dilihat dari nilai akademik dan pengisian formulir. 2) Pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA PAB 4 Sampali terlaksana dengan baik sesuai dengan permasalah siswa yang belum bisa memilih jurusan yang sesuai. 3) Setelah dilakukan layanan penempatan, maka siswa kelas X memiliki motivasi yang lebih tinggi, hal itu dibuktikan dengan mereka sangat antusias dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. 4) Hambatan dalam proses pemilihan jurusan kurangnya jam kosong untuk melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran, karena di Sekolah jam untuk Guru BK hanya sekali dalam seminggu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Apr 2021 05:25
Last Modified: 01 Apr 2021 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item