Pemanfaatan Manajemen Pelatihan Dakwah daIam Meningkatkan Kualitas DAI Dewan Pimpinan Wilayah Al-Ittihadiyah Sumatera Utara

Atiyah, Ummi (2020) Pemanfaatan Manajemen Pelatihan Dakwah daIam Meningkatkan Kualitas DAI Dewan Pimpinan Wilayah Al-Ittihadiyah Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Ummi Atiyah.docx.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam peneIitian ini adaIah ketidakmampuan pengurus Al-Ittihadiyah dalam mengatur dakwah para dai yang dimilikinya. Sehingga objek kajian dari penelitian ini adalah “ Pemanfaatan manajemen pelatihan dakwah dalam meningkatkan kualitas dai Dewan Pimpinan Wilayah Al-Ittihadiyah Sumatera Utara”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode analisisnya kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pelatihan dakwah yang dilakukan Al-Ittihadiyah Sumatera Utara tidak terlepas dari fungsi manajemen. Dimana sebelum dilaksanakannya pelatihan dakwah Al-Ittihadiyah melakukan perencanaan dan pengorganisasian, dan setelah proses pelaksanaan maka dilakukan evaluasi. Pelatihan dakwah yang dilakukan Al-Ittihadiyah menjadi kegiatan rutinitas yang setiap tahunnya., dimana sudah lima kali pelaksanaan pelatihan ini dilakukan yaitu : 13-15 Oktober 2017, 13-15 April 2018, 25-27 Agustus 2018, 19-21 April 2019, 25-17 Maret 2020 yang dilakukan kepada Mahasiswa/I Universitas Islam Negri Sumatera Utara. Proses pelaksanaan pelatihan dakwah telah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dari hasil wawancara bagi peserta/dai yang mengatakan bahwa kualitas dai baik dalam ilmu pengetahuan, akhlak dan pengembangan organisasi. Yang menjadikan sebagian besar menjadi bagian dari organisasi tersebut, dan dibentuk menjadi sebuah Ikatan Mahasiswa Al-Ittihadiyah (IKAMI) Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:41
Last Modified: 01 Apr 2021 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item