Peran Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Muslim Di Tanjung Leidong Tahun 2015-2017

Batubara, Nisma Hanum (2019) Peran Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Muslim Di Tanjung Leidong Tahun 2015-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi full nh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) dalam meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan muslim, faktor pendukung dan penghambat Penyuluh Perikanan Bantu (PPB), serta untuk mengetahui keberhasilan Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) dalam meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan muslim di Tanjung Leidong tahun 2015-2017. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif yang digunakan untuk meneliti subjek , berupa penjelasan tentang terkait mulai dari teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) yaitu memfasilitasi proses penyuluhan, penyebar luasan informasi, pendampingan, membantu memecahkan masalah nelayan, pembinaan, pemantauan kegiatan yang sedang berlangsung serta memberikan penilaian kepada masyarakat nelayan muslim. Adapun faktor pendukung Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) yaitu bantuan modal, asuransi kepada nelayan yang mengalami kecelakaan dan memberikan sarana tempat seperti TPI dan Pelabuhan. Sedangkan hambatan yang dihadapi penyuluh perikanan bantu adalah jumlah penyuluh kurang memadai, jaringan internet yang tidak terjangakau sehingga menyebabkan informasi terhambat, ketergantungan pinjaman nelayan kepada tauke. Dan keberhasilan Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) dalam meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan di Tanjung Leidong yaitu bertambahnaya dan meningkatnya pendapatan masyarakat nelayan muslim di Tanjung Leidng.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:22
Last Modified: 31 Mar 2021 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item