Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Untuk Mengikuti Upacara Bendera

Lubis, Nur Safitri (2021) Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Untuk Mengikuti Upacara Bendera. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKIRIPSI ACC PS 1 PS 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk 1) mengetahui pemahaman siswa tentang pentingnya upacara bendera, 2) upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti upacara bendera, 3) semangat siswa setelah guru BK memberi motivasi untuk mengikuti upacara bendera. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,guru bimbingan konseling, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan data penelitian menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pemahaman siswa tentang pentingnya upacara bendera sudah baik, melaksanakan upacara bendera ialah kewajiban terutama bagi siswa/i sesuai aturan pemerintah, dengan melaksanakan upacara bendera dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kedisiplinan yang tinggi yang harus di miliki oleh siswa. 2) Guru di MAN 1 Medan sudah memotivasi siswa dengan semaksimal mungkin, menjelaskan makna dan tujuan upacara di adakan setiap seninnya, mempunyai rasa nasionalisme dan disiplin yang tingi harus ada dalam diri seorang siswa. Guru BK berkeliling sekolah memantau siswa yang belum bergegas untuk melaksanakan upacara bendera. Sekaligus menjelaskan bahwa dengan melakukan upacara tanpa perintah itu lebih nikmat dan lebih bisa di rasakan tujuan di adakan upacara pada setiap seninnya.Selain itu MAN 1 Medan juga megundang pembina upacara untuk memberi motivasi pada siswa/i seperti kanwil, kepala bidang bagian agama, rektor uinsu, rektor unimed, kapolda kota medan dll. Guna untuk terus memotivasi siswa/i supaya lebih baik lagi kedepannya. Upaya yang di berikan guru MAN 1 Medan dalam mengarahkan dan memberi sangsi pada siswa yang melanggar peraturan masih tahap wajar. 3) Dengan semangat guru BK yang tidak bosan-bosan memotivasi siswa dan mengarahkan siswa, serta memberitahu tujuan dan makna upacara bendera tersebut, sehingga siswa yang biasa harus di panggil ke ruangan atau siswa yang bercerita di lapangan dll. Dapat berubah dan mulai merasakan kedisiplinan dan rasa nasionalisme yang tinggi melalui kegiatan upacara bendera.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UPAYA GURU BK, MOTIVASI, UPACARA BENDERA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:03
Last Modified: 29 Mar 2021 06:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item