Peran Guru Kelas Dalam Melaksanakan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Swasta Al-Hira Permata Nadiah

Jamilah, Sangkot (2019) Peran Guru Kelas Dalam Melaksanakan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Swasta Al-Hira Permata Nadiah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SANGKOT JAMILAH .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling untuk mengatasi siswa yang bermasalahdi Sekolah Dasar Swasta Al-Hira‟ Permata Nadiah. Mengetahui hambatan peranan guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling untuk mengatasi siswa yang bermasalah diSekolah Dasar Swasta Al-Hira‟ Permata Nadiah. Mengetahui upaya menanggulangi hambatan peranan guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling untuk mengatasi siswa yang bermasalah di Sekolah Dasar Swasta Al-Hira‟ Permata Nadiah. Jenis peneitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penggunaan multi sumber akan saling mengecek kebenaran setiap data dan menguatkan setiap data yang diperoleh. Oleh sebab itu, sumber data dalam penelitian ini antara lain: a) kepala sekolah, b) wakil kepala sekolah, c) guru kelas atau wali kelas, serta d) guru mata pelajaran. Karyawan sekolah, peserta didik, dan wali peserta didik kecil sekali keterlibatannya dalam BK sehingga tidak dimasukan sebagai subjek penelitian Hasil penilitian ini menunjukan bahwa peran guru kelas dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di sekolah dasar meliputi beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Adapun untuk tahap perencanaan hanya sebatas mencatat permasalahan siswa yang sudah sering terulang dan catatan tersebut dimasukkan ke dalam buku adminstrasi kelas. Tahap pelakasanaannya ialah melakukan sejumlah layanan bimbingan konseling yang terdiri atas layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling perseorangan (individual), layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok.Sementara tahap evaluasi tidak ada dilakukan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Mar 2021 05:05
Last Modified: 28 Mar 2021 05:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item View Item