Peran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Dalam Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Ramadani, Rahmad (2021) Peran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Dalam Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAT FIKS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam perberdayaan dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, apa saja bentuk usaha UP2K dalam pemberdayaan ekonomi keluarga, bagaimana upaya Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat serta untuk mengetahui Bagaimana dampak dari pelaksaaan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam meningkatkan kesejateraan ekonomi masyaraka. penelitian ini dilaksanakan di Desa Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian oleh Ibu Markilah, Ibu Nur’aini, Ibu Ari elfa anggraini, Ibu sawiyah, dan Ibu Wahyuni. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi yang dilakukan oleh penulis. Temuan penelitian sebagai berikut: (1) bentuk usaha UP2K dalam pemberdayaan ekonomi keluarga ialah usaha membuat sabun cuci piring, usaha membuat bolu, usaha membuat wajik bandung, serta usaha jual pecel. (2) upaya Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah dengan melakukan pelatihan-pelatihan, seperti: merajut tas tempat minum dari tali kur, membuat bunga dari sabun, membuat peyek, membuat sabun cuci piring, dan membuat gros jilbab. (3) dampak yang rasakan dari pelaksaaan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam meningkatkan kesejateraan ekonomi masyarakat adalah masyarakat merasa terbantu dengan hadirnya UP2K, masyarakat mendapat pelatihan serta dapat meminjam modal untuk membuka atau menambah modal usaha. Hal ini terntu dapat menambah pendapatan keluarga serta meningkatkan kesejateraan masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Mar 2021 22:15
Last Modified: 27 Mar 2021 22:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item