Harahap, Siti Gabena (2020) Pengembangan Buku Ajar Imla’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas VII MTs Nurul Hakim Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Siti Gabena PBA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah buku ajar imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Hakim Tembung, serta mengetahui kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Arab, permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah bahwa peneliti mengetahui buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran imla’ hanya menggunakan buku yang berbentuk PDF dan masih bergantung pada telepon genggam, dengan alasan sulitnya ditemukan buku imla’ saat ini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif serta menggunakan rumus dari Borg dan Gall. Yang menjadi instrument dalam penelitian ini adalah observasi, angket, penilaian ahli dan tes. Adapun langkah-langkah dalam pengembangan buku ajar imla’ ini yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk dan produksi massal. Berdasarkan data yang telah dipaparkan yang merupakan hasil dari tes dan angket maka hasil angket dari dosen ahli materi dan media mencapai 4,72 yang berarti buku ajar sudah standar dan tidak perlu revisi. Sedangkan efektivitas yang diperlihatkan dari hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan buku ajar imla’. Karena itu Pengembangan Buku Ajar Imla’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII MTs Nurul Hakim ini efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Mar 2021 10:55 |
Last Modified: | 27 Mar 2021 10:55 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11240 |
Actions (login required)
View Item |