Metode bimbingan dalam penyaluran bakat calon anggota baru Lembaga Kreativitas Seni Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Juliandi, Muhammad (2020) Metode bimbingan dalam penyaluran bakat calon anggota baru Lembaga Kreativitas Seni Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD JULIANDI (12144046)..pdf

Download (88MB) | Preview

Abstract

Pentingnya organisasi kemahasiswaan di Perguruan Tinggi dalam mengembangkan minat bakat serta kemampuan dalam bidang tertentu sangat berguna bagi mahasiswa kedepan dalam menghadapi dunia kerja nyata. Ini merupakan suatu nilai lebih bagi mahasiswa yang ikut serta dalam organisasi kemahasiswaan dalam mengasah serta menggali potensi yang ada dalam dirinya (Hadrskill & Softskill) sehingga memiliki kemampuan atau keahlian dalam bidang seni tertentu (Berbakat). Penelitian pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kreativitas Seni Mahasiswa (LKSM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) dengan melalui proses Seleksi Anggota Baru Angkatan ke 14 (SABAR 14) yang dilakukan pada tanggal 15 Maret sampai dengan 21 Mei tahun 2017 peneliti menemukan bahwa, metode bimbingan yang dilakukan yaitu dengan pembinaan terhadap kecerdasan, mental, pribadi dan keahlian serta bakat seni dan kreativitas. Bimbingan diarahkan kepada pembentukan mental karakter dan jiwa yang baiksecara Spritual, cerdas dalam Intelektual, Berkepribadian dan memiliki jiwa Sosial. Hasil temuan peneliti yaitu dari 168 peserta yang mendaftar pada SABAR 14 LKSM UIN SU tahun 2017 ini berjalan seiring waktu dan proses yang dilakukan peserta banyak berkurang proses ini biasa disebut dengan Seleksi Alam, hingga akhirnya yang dikukuhkan sebagai anggota resmi hanya 40 orang. Setelah melalui proses SABAR 14 ini 40 orang peserta tersebut bisa dilihat bahwa semuanya memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang kreativitas dan seni tertentu. Terbukti dengan pengkaryaan dan beberapa rangkaian proses kreatif, 40 orang tersebut terbukti memiliki bakat dalam bidang seni yang sebelumnya memang mereka kuasai sebelumnya hingga mereka memiliki kemampuan dalam bidang seni lainnya, contohnya : Teater/Drama (Keaktoran), Musik, Tari, Sastra (Kepenulisan), Desain Grafis, Video Grafi, Photogafi, Tata Panggung (Artistik), Tata Rias (Make Up), Content Creator hingga Modeling.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan, Penyaluran Bakat, Lembaga Kreativitas Seni Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.11 Masukkan disini sosialisme Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Mar 2021 10:44
Last Modified: 27 Mar 2021 10:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item