Tambak, Dhizqy Adha (2020) Pengaruh Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 105321 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI (DHIZQY ADHA TAMBAK).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 105321 Tumpatan Nibung Batang Kuis Tahun Ajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 105321 Tumpatan Nibung Batang Kuis yang berjumlah 60 siswa/i dan sampelnya adalah kelas V-A dan Kelas V-B. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t (test-t). Temuan ini menunjukkan : 1) hasil belajar IPA kelas Eksperimen (V-B) setelah diberikan perlakuan meningkat dari hasil sebelumnya. 2) nilai rata-rata siswa/i yang diperoleh lebih baik yakni 80,5 kategori sangat tinggi dari nilai sebelum mendapat perlakuan dengan menggunakan model Problem Solving yaitu 39,8 kategori rendah. 3) terdapat pengaruh model Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 105321 Tumpatan Nibung Batang Kuis T.A 2018-2019. Yakni penerapan model Problem Solving lebih meningkatkan hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa setiap baik dan buruknya meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA siswa yang mengalami kesulitan di dalam kelas tergantung pada pemilihan yang tepat pelaksanaan prosedur model pembelajaran Problem Solving yang diaplikasikan oleh guru.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Mar 2021 05:40 |
Last Modified: | 27 Mar 2021 05:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11227 |
Actions (login required)
View Item |