Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Audio Visual Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Amanah Amaliyah Kec. Air Batu Tahun 2019/2020

Rahmadhani, Rizka Amalia (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Audio Visual Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Amanah Amaliyah Kec. Air Batu Tahun 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rizka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun sebelum menggunakan media audio visual di RA Amanah Amaliyah. (2) kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun dapat di tingkatkan setelah menggunakan media audio visual dalam materi mengenal huruf dengan tema rekreasi di RA Amanah Amaliyah Kec. Air Batu. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di RA Amanah Amalia Kec. Air Batu, yang terdiri dari 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Hasil Pre Test yang dilakukan hanya 6 anak yang berkembang, sementara 14 anak lainnya belum berkembang, rata-rata nilai yang diperoleh 9,75 dengan persentase klasikal 30%. (2) Pada siklus I yang sudah berkembang hanya 13 anak sementara 7 anak lainnya belum berkembang dengan rata-rata nilai 15,05 persentase klasikal 65%. Kemudian pada siklus II anak yang sudah berkembang sebanyak 20 anak sedangkan anak yang belum berkembang berjumlah 0 anak dengan nilai rata-rata 23,6 dan persentase perkembangan klasikal 100%. Berdasarkan hal di atas maka media audio visual dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 15:31
Last Modified: 26 Mar 2021 15:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item