Peran Orang Tua Tunggal (Single Parent) Dalam Pembinaan Karakter Anak Di Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta)

Hasibuan, Nur Aysah (2019) Peran Orang Tua Tunggal (Single Parent) Dalam Pembinaan Karakter Anak Di Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
File Gabungan Skripsi Nur Aysah_Hasibuan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peneliti merumuskan tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana karakter anak yang memiliki orang tua tunggal (Single Parent) di Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara, 2) Untuk Mengetahui apa saja kegiatan orang tua tunggal (Single Parent) dalam pembinaan karakter anak di Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang mendalam dari informasi yang terkait. Populasi data adalah orang tua tunggal (Single Parent) dan anak yang memiliki orang tua tunggal (Single Parent) di Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Diharapkan dalam penetapan objek/subjek penelitian ini dapat benar-benar mewakili tujuan penelitian sehingga rumusan masalah yang diajukan dapat terjawab dengan hasil yang memuaskan. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua tunggal (Single Parent) berusaha melakukan pendidikan dan arahan yang terbaik untuk anakanaknya. Usaha yang dilakukan orang tua (Single Parent) adalah menciptakan keharmonisan kepada anak-anak, tidak terjadi pertengkaran, memberi contoh akhlak yang baik, memberikan perhatian lebih kepada anak-anaknya, memberi komunikasi yang baik, adanya keterbukaan antara anak terhadap orang tua, dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak-anak. Kemudian memberikan motivasi agar anak-anak melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi dirrinya, keluarga, dan masyarakat. Karena seorang orang tua tunggal (Single Parent) bukanlah hal yang menjadi sebuah hambatan dalam pengasuhan anak, orang tua tunggal (Single Parent) yang baik yaitu orang tua tunggal yang mampu memberikan waktu, nafkah, dan perhatian yang seimbang untuk anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 15:22
Last Modified: 26 Mar 2021 15:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11223

Actions (login required)

View Item View Item