ImplementasiPendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Didik Di SDN 104230 Tanjung Sari Kec. Batang Kuis Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020

Fajriyah, Rizky Rahma (2019) ImplementasiPendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Didik Di SDN 104230 Tanjung Sari Kec. Batang Kuis Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKY RAHMA FAJRIYAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian anak didik di SDN 104230 Tanjung Sari, 2) faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan kepribadian anak didik di SDN 104230 Tanjung Sari, 3) usaha yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam pembentukan kepribadian anak didik di SDN 104230 Tanjung Sari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penelitian mendalam yang mengguakan teknik pengumpulan data dari informan penelitian dalam setting-setting alamiah. Penelitian menafsirkan fenomena dalam pengertian yang dipahami informan.. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu:1) implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian anak didik di SDN 104230 Tanjung Sari yaitu, Setiap hari senin mengajarkan kepada anak-anak untuk melakukan upacara,program piket kebersihan lapangan, piket kelas, menganjurkan siswa dengan membuang sampah ditempatnya dengan memisahkan mana organik dan an-organik, setiap paginya siswa harus sampai di sekolah pukul 7.15, siswa diwajibkan membaca doa setiap pembelajaran berlangsung dan setiap berakhirnya pembelajaran, siswa disuruh berinfak setiap hari jum’at, siswa setiap sabtu sebelum masuk jam pertama pelajaran siswa melakukan gotong royong, setiap berakhir dan masuknya pembelajaran siswa menyalam tangan gurunya, bahkan di kantin sekolah ada kantin kejujuran, selain itu, saat pembelajaran sudah selesai siswa menyanyanyikan lagu wajib nasional. 2)faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan kepribadian anak didik di SDN 104230 Tanjung Sari yaitu, sebagian orang tua belum sepenuhnya ikut andil apa yang sudah diberikan sekolah dalam penanaman nilai karakter, pihak orang tua belum seutuhnya membersamai anak seperti yang diharapkan oleh sekolah, pembiasaan di rumah yang tidak sejalan dengan pembiasaan di sekolah, lingkungan pergaulan yang tidak mendukung. Namun di SDN 104230 Tanjung Sarifaktor pendukung dalam membentuk kepribadian siswa yaitu dari keluarga, lingkungan dan sekolah, dan juga adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter danKepribadian Anak Didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:27
Last Modified: 26 Mar 2021 09:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item