Pengaruh Layanan Mobile Banking dan Automatic Teller Machine (ATM) Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri ( Studi Kasus di MIN 12 Medan )”.

Siregar, Abdullah (2021) Pengaruh Layanan Mobile Banking dan Automatic Teller Machine (ATM) Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri ( Studi Kasus di MIN 12 Medan )”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi lengkap abdul srg.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perbankan di Indonesia telah melakukan upaya untuk mecapai kepuasan nasabah dengan memaksimalkan penggunaan sarana layanan seperti mobile banking, dan Automatic Teller Machine (ATM). Hal tersebut dilakukan seluruhan perbankan di Indonesia karena memanfaatkan perkembangan yang tinggi saat ini khususnya pada penggunaan internet yang digunakan oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile banking dan ATM (Automatic Teller Machine) pada Bank Syariah Mandiri dan untuk mengetahui Bank Syariah Mandiri berperan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Mandiri pada guru dan pegawai di MIN 12 Kota Medan sebanyak 56 responden. Instrument pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner, untuk variabel mobile banking 15 item pernyataan dan untuk variabel ATM (Automatic Teller Machine) 15 item pernyataan, serta untuk variabel kepuasan nasabah 15 item pernyataan, semua pernyataan reliabel. Dan untuk data sekunder yang diperoleh berupa data yang berkaitan dengan penggunaan mobile banking dan ATM (Automatic Teller Machine). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji autokorelasi, uji multikoleniaritas, uji heterokedastisitas, uji determinan, uji t dan uji f dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mobile banking dan ATM (Automatic Teller Machine) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Tingkat signifikan dari mobile banking sebesar diperoleh nilai Sig sebesar 0,017. Nilai Sig yang lebih kecil dari 0,017 (0,017 < 0,05) dengan persentase sebesar 0,395 atau 39,5%. Dan membandingkan nilai t hitung > t tabel (2,462 > 1,674). Tingkat signifikan dari ATM (Automatic Teller Machine) sebesar 0,015. Nilai Sig yang lebih kecil dari 0,015 (0,015 < 0,05) dengan persentase sebesar 0,202 atau 20,2%. Dan dengan t hitung sebesar 3,199. Sehingga t hitung > t tabel (3,199 > 1,674). Layanan mobile banking dan ATM (Automatic Teller Machine) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yaitu , Ftabel pada tingkat kepercayaan 5% ( a = 0,05 ) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ( 0,000 < 0,05 ), dan nilai F tabel sebesar 3,17 Fhitung sebesar 11,845. Sehingga Fhitung > Ftabel (11,845 > 3,17). Dari uji determinasi diketahui bahwa besarnya presentase pengaruh variabel teknologi informasi dan kualitas layanan terhadap variabel kepuasan nasabah sebesar 0,616 atau 61,6%. Artinya pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 61,6%, sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, ATM (Automatic Teller Machine) , Kepuasan Nasabah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:31
Last Modified: 26 Mar 2021 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item