Penerapan Metode Smart (Simple Multi Atribute Rating Tehnique) Dan Algoritma K-Nearest Neighbor Dalam Penentuan Jurusan Sekolah Menegah Atas

Raja, Ahmad (2019) Penerapan Metode Smart (Simple Multi Atribute Rating Tehnique) Dan Algoritma K-Nearest Neighbor Dalam Penentuan Jurusan Sekolah Menegah Atas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ahmad raja ilkom 2 fakultas sains dan teknlogi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SMART merupakan metode pengambilan keputusan yang fleksibel. SMART lebih banyak digunakan karena kesederhanaanya dalam merespon kebutuhan pembuat keputusan dan caranya menganalisa respon. Pembobotan ini digunakan untuk menilai setiap alternatif agar diperoleh alternatif terbaik. SMART merupakan linear additive model untuk meramal nilai setiap alternatif. Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) adalah suatu metode yang menggunakan algoritma supervised. Perbedaan antara supervised learning dengan unsupervised learning adalah pada supervised learning bertujuan untuk menemukan pola baru dalam data dengan menghubungkan pola data yang sudah ada dengan data yang baru. Berdasarkan proses pemilihan jurusan dinilai dari bobot evaluasi. Anak yang mendapati nilai bobot evaluasi < 75 maka berada pada jurusan IPS sedangkan =>75 maka berada pada jurusan IPA. Berdasarkan hasil, terdapat 2 anak yang masuk kedalam jurusan IPA dan 8 anak masuk kedalam jurusan IPS. Aplikasi sistem pendukung keputusan dapat memberikan keputusan hasil pemilihan jurusan berdasarkan nilai dan bobot evaluasi siswa dari kriteria alternatif. Dengan adanya sistem aplikasi pemilihan jurusan, maka pihak sekolah dengan sangat cepat dan akurat dapat menentukan siswa yang berada pada jurusan IPS dan IPA. Berdasarkan pemilihan jurusan dengan sample 10 siswa, didapatkan 2 siswa berada pada jurusan IPA dan 8 siswa berada pada jurusan IPS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 08:10
Last Modified: 20 Mar 2021 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item