Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Market Share Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk Periode 2016-2019)

Fadma, Meisa (2020) Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Market Share Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk Periode 2016-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AKHIR MEISA FADMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pada penelitian ini terdapat penurunan pada Return On Invesment (ROI), dan Return On Asset (ROA) pada tahun 2016-2017, yang menunjukkan Perusahaan mengalami kinerja keuangan yang kurang baik dilihat dari sisi rasio profitabilitas. Hal ini tidak sesuai dengan teori Wihana Kirana Jaya dan Philip Kotler. Semakin besar profitabilitas perusahaan maka akan semakin besar Market Share (Pangsa Pasar), sebaliknya jika profitabilitas perusahaan menurun maka Market Share Perusahaan tersebut juga akan menurun. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Market Share PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk Periode 2016-2019. Rasio Profitabilitas yang digunakan adalah Return On Equity (ROE), Return On Invesment (ROI), Return On Asset (ROA) dan. Risk Based Capital (RBC). Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari uji Normalitas, uji multikoleniaritas, uji heteroskedestisitas dan uji Autokorelasi. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji Hipotesis yang digunakan adalah koefisien Determinasi (R2 ), Uji Parsial (Uji t), dan Uji Simultan (Uji F). Penelitian ini dilakukan pada PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, secara tidak langsung dengan mengumpulkan data penelitian yang bersumber dari laporan keuangan tahunan (annual report) dari tahun 2016- 2019. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa ROE, ROI, ROA dan RBC memiliki hubungan terhadap Market Share dengan nilai Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 85,5% yang artinya secara parsial Return On Equity (ROE), Return On Invesment (ROI), Return On Asset (ROA) dan. Risk Based Capital (RBC) berpengaruh terhadap Market Share. Sedangkan pengaruh Return On Equity (X1), Return On Invesment (X2), Return On Asset (X3) danRisk Based Capital (X4) secara simultan terhadap Market Share (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 63,546 > F tabel 2,58 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independent (X) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent Market Share (Y).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 02:59
Last Modified: 20 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item